Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Aman Bertransaksi Di ATM dan Internet


Saya yakin seiring dengan kemajuan teknologi dan semakin mudahnya bertransaksi via ATM maupun internet banking, teman-teman blogwalker mulai meninggalkan kebiasaan lama antri di bank. Namun demikian, hal ini juga menjadi ladang baru bagi mereka yang nakal dalam memanfaatkan celah sistem keamanan dan teledornya para nasabah dalam bertransaksi, guna meraup keuntungan yang tidak sedikit. 
Kiat Aman Bertransaksi di ATM: 

  1. Pastikan kondisi di sekliling dalam keadaan aman. Tidak ada hal yang mencurigakan walaupun sedang antri. 
  2. Bertransaksilah seorang diri.
  3. Mintalah teman atau saudara Anda menunggu di luar saja. Apalagi yang tidak kenal ya...usirlah secara halus :) 
  4. Saat mengetikkan PIN (Personal Identification Number), usahakan ditutup dengan sebelah tangan dan halangi dengan tubuh Anda.
  5. Bila hendak melakukan transfer, baca ulang nomer rekening, nama dan besarnya uang yang akan ditransfer. Jangan terburu-buru karena antrian sudah panjang. Ini hak Anda lho! Jika melakukan transaksi pembayaran, pastikan data yang dimasukkan sudah benar. Baca berulang-ulang dan tekan tombol Cancel kalau tidak yakin, kemudian ulangi Simpan struk demi keamanan. Jangan panik bila kartu tertelan atau transaksi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Telpon ke Call Center atau datangi kantor cabang bank terdekat dan laporkan. 
Pastikan Anda bertransaksi di lokasi ATM yang aman. Lebih bagus lagi kalau ada satpamnya ya :) Kiat Aman Bertransaksi di Internet: Rahasiakan user ID dan PIN internet banking. Buatlah user ID dan PIN yang unik dan tidak mudah ditebak, tapi harus gampang diingat ya. Ini penting: lakukan perubahan PIN internet banking secara berkala. Jangan lupa dicatat di tempat rahasia. Pastikan alamat website tempat Anda bertransaksi adalah benar. 

Ingat kasus plesetan website BCA kan :) Pastikan Anda sudah Logout sebelum meninggalkan komputer. Ini penting: tolak layanan simpan otomatis user ID dan PINpada saat browser menawarkan penyimpanan otomatis. Lebih aman kalau kita mengetik ulang ya. Jangan gunakan user ID atau PIN atau informasi pribadi lainnya pada website yang ga jelas. Biasakan menghapus browsers cache dan history setiap selesai bertransaksi. Update terus program antivirus Anda. 

Lakukan secara rutin pengecekan saldo rekening Anda. Masih ada ga :) Laporkan ke bank yang bersangkutan melalui contact usatau telpon atau Call Center bila terjadi masalah atau ada hal-hal yang mencurigakan. Khusus untuk internet banking, kalau bisa hindari melakukan transaksi di warnet ya. Banyak program yang dapat menyimpan histori tombol yang Anda tekan selama berselancar di internet. Kita sering lalai untuk mengecek kondisi komputer di warnet dan langsung tancap gas saja.

1 comment for "Tips Aman Bertransaksi Di ATM dan Internet"

  1. Wong saya nyimpan duit di bawah bantal kok.. kan ga mungkin saya punya AtM..

    ReplyDelete
my image my image
close